Artikel

| Selamat Datang di Website Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat

Artikel

Seminar Kepemimpinan Jawa Barat Masa Depan Hasil Pemilihan Umum

Seminar Kepemimpinan Jawa Barat Masa Depan Hasil Pemilihan Umum

Dengan sukses meraih 247 penghargaan baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional dalam bidang-bidang pemerintahan, ekonomi dan keuangan, teknologi informasi dan komunikasi, serta pembangunan hingga pertengahan tahun 2017, Provinsi Jawa Barat perlu selalu bersyukur dan bertekad melanjutkan kinerja kepemimpinannya.

Tekad tersebut perlu dikaji bersama secara akademik dengan melibatkan berbagai pihak pemangku kepentingan (stakeholders) baik pemerintah, swasta, masyarakat, dan para praktisi pembangunan lainnya. Kajian ini diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 14 Desember 2017 melalui kegiatan “Seminar Kepemimpinan Jawa Barat Masa Depan Hasil Pemilihan Umum” dalam ragam perspektifnya: agama, sosial budaya, sosial politik, ekonomi dan bisnis, informasi dan komunikasi, serta pemerintahan dan kebijakan publik. Hal ini perlu dilakukan mengingat permasalahan, tantangan, dan ancamannya di Era Reformasi ini menjadi semakin rumit dan bersaling-silang pengaruh antarkepentingan, antarbudaya, dan antarnegara.

Seminar diorganisasi melalui forum curah-pikir dari Gubernur Jawa Barat Dr. H. Ahmad Heryawan, LC sebagai pengantar dan keynote-speaker, dilanjut oleh kelima pemateri perspektif, Prof. Dr. H. Mohammad Najib, M.Ag. melalui Perspektif Agama; Prof. Sadu Wasistiono, M.S melalui Perspektif Keilmuan; Dr. Acuviarta Kartabi, S.E.,M.Ec melalui Perspektif Ekonomi Global; Cece Hidayat Padmadinata melalui Perspektif Budaya; Erwin Kustiman melalui Perspektif Media; kemudian dilengkapi oleh para peserta sebagai partisipan. Forum dipandu secara ‘Analisis P-SWOT-S’ untuk menggali permasalahan, kekuatan, kelemahan, tantangan, dan ancamannya untuk menemukan alternatif solusi bagi kepemimpinan Gubernur Jawa Barat di masa depan. Hasil Seminar didokumentasikan sebagai suatu naskah kajian akademik untuk direkomendasikan kepada pasangan Gubernur Jawa Barat terpilih hasil Pemilu tahun 2018.