Artikel

| Selamat Datang di Website Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat

Artikel

Kunjungan Kerja DPRD Banten Ke Kesbangpol Provinsi Jawa Barat

 

 

Pada hari Jumat 5 Mei 2017 perwakilan DPRD Banten melakukan kunjungan kerja ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat, pertemuan ini dilaksanakan di Aula Sawala Bakesbangpol. Adapun kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk studi banding dari Provinsi Banten terkait isu radikalisme yang terjadi di Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol, Bapak R. Ruddy Gandakusumah, SH., MH serta dihadiri oleh kepala masing-masing bidang kerja di Kesbangpol Provinsi Jawa Barat beserta jajarannya.

Hal-hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut meliputi faktor-faktor penyebab terjadinya konflik. Banyak sekali faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya Konflik atau Radikalisme dan salah satu faktor eksternalnya adalah Politik Global, salah satu isu atau komoditas yang seringkali menjadi pemicu adanya perubahan secara global adalah Sumber Daya Energi/ Energi bumi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ketersediaan sumber daya energi telah sampai pada titik kritisnya, yang menurut beberapa penelitian, ketersediaannya akan segera berakhir di beberapa tahun ke depan, dan salah satu solusi yang tersedia adalah Sumber Daya Hayati , yang kemungkinan tersedianya hanya di beberapa Negara ekuator yang mayoritas keadaan lahannya merupakan lahan vegitasi.

Dengan memahami akar persoalannya secara menyeluruh diharapakan kita dapat mengupayakan pencegahan terjadinya radikalisme dan konflik sosial secara dini. Dan tentu saja adanya Sinergitas antara komponen pemerintah dan masyarakat dalam pemahaman dan kesadaran dalam menjaga stabilitas dan kesatuan NKRI. Kesbangpol seringkali melakukan kegiatan yang tidak terlihat dan banyaknya informasi intelijen yang sangat penting. Kesbangpol yang secara nyata menjadi mata dan telinga pemerintah.

 

 

 

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat bersama Perwakilan DPRD Banten