FKPT

| Selamat Datang di Website Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat

Pernyataan Sikap FKPT Provinsi Jawa Barat Mengenai Penutupan Situs-Situs yang Berisi Faham-Faham Radikalisme di Indonesia

Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Jawa Barat dengan ini menyampaikan pernyataan sikap mengenai penutupan situs-situs yang berisi paham-paham radikalisme di Indonesia bahwa :

  1. Sebagai dampak dari kemajuan teknologi, dewasa ini bertebaran situs-situs di internet yang digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu alat komunikasi dan penyebaran berbagai macam paham-paham, idelogi, ilmu pengetahuan, ajaran agama, petunjuk-petunjuk, harapan-harapan bahkan sampai kepada provokasi, penghujatan dan caci maki.
  2. Penggunaan situs internet untuk penyebaran ilmu pengetahuan, ajaran agama maupun jenis-jenis informasi lainnya yang memberi maafaat sebesar-sebesarnya bagi masyarakat pengguna pada dasarnya adalah baik-baik saja dan semangat seperti ini menunjukan bahwa masyarakat telah mampu mengambil dan memperoleh sebesar-besarnya manfaat dari teknologi informasi.
  3. Beberapa situs sebagaimana dimaksud pada point (1) di atas, dengan mengatasnamakan dan menggunakan identitas Islam, telah memuat dan menyampaikan paham-paham yang bersifat radikal. Isi, pernyataan-pernyataan maupun ajakan-ajakannya cenderung mengarah kepada tindakan radikal yang mengancam suasana kerukunan dan situasi damai. Dan toleran di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan mengancam keutuhan NKRI, sebagai salaah satu di antara empat pilar bagi bangsa Indonesia.
  4. Alih-alih memberi maafaat bagi Islam, situs-situs radikal sesungguhnya sangat membahayakan, bukan hanya bagi umat Islam bahkan bagi umat-umat beragama lainnya dan bangsa Indonesia secara keseluruhannya. Bahaya dimaksud adalah munculnya kesan dan citra Islam yang sangat buruk, keras dan kejam, akibat dari pemikiran dan tindakan-tindakan radikal yang dilakukan oleh sebagaian kecil orang, salah satunya adalah yang muncul sekarang ini dalam bentuk gerakan ISIS, di mana pemikiran dan tindakan tersebut direkam dan di sebarluaskan melalui jejaring internet (situs internet).
  5. Radikalisme tidak identik dengan Islam. Oleh karena itu, kami menyatakan bahwa paham-paham radikalisme dan tindakan-tindakan radikal sungguh bertentangan dengan semangat kemanusiaan dan bertentangan dengan ajaran Islam yang membawa misi damai dan rahmatan lil 'alamin (berkah bagi semesta alam).
  6. Berkenan dengan hal-hal tersebut di atas, kami juga menyatakan bahwa:

a. Situs-situs radikalisme, yang menginspirasi dan mengarah kepada tindakan radikal, tidak indentik dengan situs-situs Islam yang membawa pesan damai, kerukunan, toleransi dan membawa misi rahmatanlil ‘alamin.

b. Mendukung pengahapusan situs-situs radikal yang mengancam keutuhan, kedaulatan dan harmoni masyarakat dan bangsa Indonesia, serta merusak citra agama, khususnya islam dengan provokasi-provokasi yang mengajak kepada tindakan radikal.

c. Mendukung berlangsungnya dan di pertahankannya situs-situs Islam, maupun situs-situs dari agama lainnya, yang membawa misi untuk meningkatkan ketaatan beragama, menciptakan suasana damai, cinta tanah air, memelihara kerukunan dan mengembangkan sikap toleransi diantara pemeluk agama di Indonesia dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat dengan sesungguhnya sebagai bentuk kesadaran dan tanggung jawab kami bagi pemeliharaan suasana damai dan menjaga keutuhan NKRI.

Ketua : R. Hendra Mulyana SH.
Sekretaris : Dr. der. Phil. Gustiana Isya Marjani